v2.0
|

Berita SKPD

LORONG MASUK ALAS PURWO
14-11-2017 | Kecamatan Tegaldlimo.

Kecamatan Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi secara geografis terletak di paling ujung tenggara pulau jawa, dan Alas Purwo yang hanya ada di Kecamatan Tegaldlimo adalah merupakan hutan yang sangat penuh dengan mesteri atau keajaiban-keajaiban sehingga banyak orang yang bertapa untuk menenangkan batinnya di Alas Purwo.

Alas Purwo adalah merupakan Hutan Lindung yang dijaga ketat oleh para petugas yang ada disana dan juga menyimpan kekayaan yang sangat luar biasa yaitu sebagai sumber Oksigen atau merupakan paru-paru dunia dan juga sebagai tameng keselamatan Kabupaten Banyuwangi, para pembaca bisa membayangkan bahwa disebelah timur atau selatan Alas Purwo sudah tidak ada Pulau lagi kecuali Benua Australia sehingga kalau tidak ada Alas Purwo maka angin di Kecamatan Tegaldlimo akan sangat besar dan di Kabupaten Banyuwangi pada Umumnya.

Sebetulnya banyak Misteri Alas Purwo yang akan kami Ungkap, tetapi kali ini saya akan mengungkap Lorong Masuk Alas Purwo.

Pada saat Kantor Kecamatan Tegaldlimo dipimpin oleh Bapak TIMBUL BASUKI, BA Almarhum yaitu pada tahun 2000 Bapak Camat TIMBUL BASUKI, BA Alm. membikin Inovasi membuat tanda-tanda masuk Alas Purwo dan bekerja sama  dengan Pemerintah Desa pada saat itu untuk menanam Sawo Kecik yang bibitnya bekerja sama dengan Taman Nasional Alas Purwo, adapun jalan yang ditanami Sawo Kecik itu adalah di jalan menuju Alas Purwo yaitu mulai dari perbatasan Kecamatan Purwoharjo menuju Alas Purwo dan Perbatasan Kecamatan Muncar menuju Alas Purwo, dan penulis masih ingat banget penyampaian beliau pada saat rapat koordinasi, yaitu perlunya membuat tanda masuk alas Purwo agar  para pelancong atau wisatawan tidak tersesat.

Sayang ….. tanda-tanda dimaksud banyak yang dirusak oleh masyarakat, dan masih ada yang hampir utuh tidak dirusak masyarakat yaitu ditengah sawah selatan Kantor Kecamatan Tegaldlimo, ternyata dilihat kelihatan rapi dan bagus.

Kenapa Sawo Kecik sebagai tanaman pilihan ? para pembaca saya yakin tahun, pada masa Orde Baru dibawah kepemimpinan Bapak Jenderal SUHARTO, pernah memindahkan sawo Kecik yang begitu sangat besar dari alas Purwo dan katanya ditanam di depan Istana, penulis  hanya tahu dari para pekerja penggali Sawo Kecik tersebut dan tidak mengetahui secara pasti

Dan apabila pembaca mau masuk alas purwo lewatlah Lorong masuk Alas Purwo. Semoga bermanfaat

Penulis Sekretaris Kecamatan Tegaldlimo