v2.0
|

Berita SKPD

KOPTU RUSWADI PEJUANG KEMERDEKAAN 1945 DI KECAMATAN TEGALDLIMO
14-06-2018 | Kecamatan Tegaldlimo.

Kecamatan Tegaldlimo adalah merupakan daerah terpencil yang terletak dipaling ujung tenggara Pulau Jawa dan di Kecamatan Tegaldlimo banyak sekali pahlawan yang tidak dikenal karena para pelaku sejarah tidak pernah menulis dalam sebuah buku, hanya dari cerita – cerita orang terdahulu yang ikut merebut kemerdekaan dan masih hidup dan anehnya yang pernah mendengar cerita itu juga tidak mempunyai niatan untuk mengabadikan, sedangkan para pelaku sejarang sudah pada  meninggal dunia.

Ada cerita yang masih diingat oleh masyarakat yaitu perlawanan Koptu Ruswadi, pada Agresi belanda pertama, beliau memimpin perang melawan belanda sampai gugur beserta pasukannya karena diberondong peluru serta meriam tepatnya ditengah sawah selatan Kantor Kecamatan Tegaldlimo yaitu masyarakat menyebutnya di blombong.

Koptu Ruswadi adalah merupakan Putra asli Tegaldlimo dan dulu berdomisili di dusun Sumberluhur Desa Tegaldlimo yaitu di selatan lapangan Damlimo, beliau wafat dimedan perang sehingga namanya diabadikan menjadi nama jalan yaitu Jalan Koptu Ruswadi, selain itu perjuangan Koptu Ruswadi agar tetap dikenang oleh masyarakat, maka pada tahun + 17 tahun yang lalu telah didirikan Monumen Koptu Ruswadi.

HARI SURYONO, M.Pd Kepala Sekolah SMAN 1 Tegaldlimo pada tanggal 10 November 2017 kemarin, guna mengenang jasa-jasa Koptu Ruswadi beserta pasukannya yang telah Gugur melawan belanda pada Agresi Pertama mengadakan Upacara di Monumen Koptu Ruswadi dilanjutkan tabur bunga, yang dihadiri oleh BISRI, SH Sekretaris Kecamatan Tegaldlimo, Pelda SUHADI Batuud Koramil 0825/09  Tegaldlimo, Peltu H. MOH. GUFRON  Anggota Polsek Tegaldlimo, TEGUH HARIYANTO, SH Kades Tegaldlimo, Perangkat Desa Tegaldlimo, Babinsa, Babinkantibmas, Dewan Guru beserta sebagian Murid SMAN 1 Tegaldlimo.

Penulis Sekretaris Kecamatan Tegaldlimo