v2.0
|

Berita SKPD

UPTD Puskesmas Sobo Koordinasikan Jajaran Guna Pelaksanaan ORI
01-02-2018 | Kecamatan Banyuwangi.

Guna meminimalisir wabah difteri di Kabupaten Banyuwangi dan Kecamatan Banyuwangi khususnya, UPTD Puskesmas Sobo akan melaksanakan Outbreak Response Immunization yakni salah satu upaya penanggulangan Kejadian Luar Biasa (KLB) suatu penyakit dengan pemberian imunisasi dengan menggandeng Kelurahan Sobo, Kecamatan Banyuwangi, Polsek Banyuwangi, Kodim 0825/01 Banyuwangi, dan dihadiri oleh perwakilan dari instansi serta sekolah di lingkup kerja UPTD Puskesmas Sobo pada Rabu (31/1) kemarin.

Kepala UPTD Puskesmas Sobo yang diwakili oleh dr. Liastutik mengatakan bahwa ORI adalah strategi untuk mencapai kekebalan individu dan komunitas hingga sebesar 90-95%. dr. Lia mengatakan bahwa selain faktor kekebalan tubuh, faktor lingkungan juga mendukung untuk mengantisipasi wabah difteri.

"Yang terjadi kemarin di tahun 2017, ada 3 pasien suspect Difteri, dua dirawat di lingkungan yang tidak sehat dan akhirnya meninggal, tetapi satu pasien mendapatkan perawatan di lingkungan yang sehat dan akhirnya selamat. Jadi lingkungan juga sangat mempengaruhi," ujar dr. Liastutik

Dalam sambutannya, Camat Banyuwangi Yusdi Irawan, SE.,M.Si berterimakasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi guna mengantisipasi wabah difteri di Kecamatan Banyuwangi. 

(Fariz)

LIHAT GALERI