v2.0
|

Berita SKPD

Pengantigan Siapkan "Tempe Mongkleng" Sepanjang Dua Meter
08-02-2018 | Kecamatan Banyuwangi.

Kelurahan Pengantigan benar-benar all out dalam Festival Tahu dan Tempe, Jum'at (9/2) besok. Dalam pemaparannya pada Talkshow Reboan kemarin (8/2) bersama Radio VIS FM Banyuwangi, Lurah Pengantigan I Made Pudja Ratmoeka, S.IP. mengatakan bahwa Festival Tahu dan Tempe akan dibuka langsung oleh Bupati Banyuwangi, H. Abdullah Azwar Anas, M.Si, pukul 13.00 dengan diawali oleh kirab Tempe Mongkleng dan Tahu Buto, start dari Jalan Bogowonto Banyuwangi.

Disinggung terkait latar belakang, Pudja mengatakan bahwa festival ini merupakan pemanfaatan Lingkungan Kalilo.

"Masyarakat banyak yang menjadi pengusaha tahu dan tempe. Ada sekitar 30 pabrik disini. Sudah nggak asing lagi masyarakat Banyuwangi untuk mengkonsumsi produk kami. Bahkan Wongsorejo dan Rogojampi sudah ambil di Pengantigan," ujar Pudja dengan bangga

Dengan adanya banyak home industri ini, Kelurahan Pengantigan berkomitmen untuk mengembangkan inovasi dan gagasan.

Bukan berarti di tempat lain tidak ada, kami membranding bagaimana produk olahan kami lebih punya merek bersama kreativitas dan inovasi," imbuh Pudja

Pelaksana Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi, Abdullah Fauzi yang juga hadir dalam talkshow tersebut mengatakan bahwa persiapan sudah hampir 90 persen. Dari ketersediaan 45 stand, sudah 40 stand terisi dengan inovasi produk dan tempe dari Kelurahan Pengantigan dan kontribusi dari luar.

"Dari 40 stand ini, ada 25 stand yang nanti akan berlomba dengan kriteria kuliner, chef khusus, kebersihan penyajian, dan kekompakan team," kata Fauzi.

"Nantinya, juga akan ada Produk unggulan kelurahan lain yang turut dijajakan dalam acara ini," pungkas Fauzi.

(Fariz)

LIHAT GALERI