v2.0
|

Berita SKPD

Program Rantang Kasih, Kecamatan Banyuwangi Kunjungi Warga Sakit
28-02-2018 | Kecamatan Banyuwangi.

Ny. Misina (48) dari Kelurahan Panderejo harus menjadi tulang punggung keluarga hanya dengan berjualan rujak, karena suaminya hanya bisa terbaring akibat stroke. Tidak hanya itu, buah hatinya juga sejak bayi mengidap hydrocepalus sehingga membutuhkan perhatian ekstra. Kondisi ini semakin berat ketika sang ibunda juga sudah setahun ini ikut terbaring karena gejala stroke.

Jumat (23/2) kemarin, ketua tim penggerak PKK Kecamatan Banyuwangi, Ny. Pris Yusdi Irawan bersama Camat Banyuwangi, Yusdi Irawan, S.E., M.Si dan didampingi oleh bidan setempat, dr. Raisa dari Puskesmas Singotrunan, serta beberapa kader dan anggota Tim Penggerak PKK mengunjungi rumah beliau guna memantau serta membantu meringankan penderitaan yang dihadapi.

Misina mengatakan bahwa sejak suaminya terkena stroke dia terpaksa menjadi tulang punggung keluarga, sesekali ditemani oleh saudaranya yang juga ikut membantu merawat ketiga anggota keluarga.

“Ya hanya saya pak, kadang saudara ikut merawat, bersihkan,” ujar Misina.

Awal Hanya Tahi Lalat, Digaruk Hingga Luka

Lain halnya Ny. Marfuah, warga Lateng yang mengalami luka di bibir atas. Sudah satu tahun ini dirinya kesulitan untuk makan akibat perban yang menutupi bibirnya. Camat Banyuwangi dan Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Banyuwangi juga mengunjungi rumah beliau guna memberikan rantang kasih serta memantau kondisinya untuk memastikan penanganan medis tetap terlaksana

Menurut penuturan petugas puskesmas setempat, Awalnya Ny. Marfuah sering menggaruk tahi lalat yang ada di dekat bibir.

“Digaruk kemudian infeksi akhirnya menjalar. Tapi diagnosa kanker belum ya,” ujar petugas tersebut

Setahun yang lalu, Marfuah dirujuk ke Malang untuk menjalani pengobatan dan mengetahui diagnosa penyakit tersebut dengan bantuan kerabat terdekat. Hanya saja karena tidak ada saudara, Marfuah memutuskan pulang. Namun sekira enam bulan kemudian, luka tersebut menjalar hingga dirinya tidak bisa membuka perban dan kapas yang ada di bibir atasnya.

“Ya untung saja Bu Marfuah ini orangnya mau bersih. Saya tahu sekali jadi aman kalo masalah kebersihan,” imbuhnya

Camat Banyuwangi : Kami Siap Koordinasikan Pihak Medis Untuk Fasilitasi Pengobatan

Yusdi Irawan, SE. M.Si. menyatakan siap untuk mengkoordinasikan beberapa pihak guna memfasilitasi pengobatan masyarakat kurang mampu.

“Kalau yang untuk di Panderejo, saya harap puskesmas rutin mengontrol kesehatan mereka. Kalau yang di Lateng tadi, kita rujuk lagi untuk ke malang. Kan mereka sudah punya BPJS,” ujar Yusdi.

(Fariz)

LIHAT GALERI