v2.0
|

Berita SKPD

RSUD BLAMBANGAN PUNYA LAYANAN KHUSUS UNTUK KESEHATAN IBU DAN ANAK
11-02-2019 | Rumah Sakit Umum Daerah Blambangan.

RSUD Blambangan telah memiliki layanan khusus dalam rangka berperan aktif menurunkan Angka Kematian Ibudan Angka Kematian Bayi khususnya di Kabupaten Banyuwangi, yakni dengan membuka fasilitas Pelayanan Fetomaternal khususIbuhamil, sehingga Ibu hamil dapat berkonsultasi mengenai kehamilannya untuk mengantisipasi penyulit/kelainan yang berdapak buruk pada ibu dan janin.

Fasilitas pelayanan tersebut telah di buka,seiring dengan adanya dokter spesialis kebidanan sub spesialis / konsultan fetomartenal, yakni dr. H. Moh. Nasir, SpOG(K). Pelayanan di buka setiap Hari Rabu dan Kamis jam 07.00 s/d 12.00 WIB.

Pengertian Pelayanan Fetomaternal sendiri adalah suatu pelayananpada ibu hamil yang dimulai dari sejak persiapan kehamilan, semasa kehamilan, persalinan sampai dengan 3 bulan setelah melahirkan. Adapun tujuan dari Pelayanan Fetomaternal yakni mempersiapkan kehamilan dengan sebaik-baiknya dari sejak awal kehamilan sampai demgan melahirkan dengan harapan ibu sehat, janin sehat serta bayi yang dilahirkan juga dalam keadaan sehat dan memiliki kualtas SDM yang unggul di masa depan. Kelainan atau penyulit kehamilan perlu segera di deteksi dan segera dikelola sehinggga tidak terjadi keterlambatan pengelolaan yang akan berdampak buruk pada ibu dan bayi yang akan dilahirkan.

Disamping itu Pelayanan Fetomaternal juga lebih memfokuskan pemeriksaan pada deteksi kecacatan janin yang dapat diketahui semasa dalam kandungan sehingga segera mendapatkan tindakan koreksi baik dalam masa kehamilan maupun setelah lahir sehingga tidak terjadi dampak yg lebih buruk, misal nya cacat bawaan hidrosefalus dapat segera dilakukan koreksi setelah lahir sebelum tenjadinya ukuran kepala yang lebih besar. Dengan diketahui suatu kelainan/ kecacatan pada janin semasa dalam kandungan maka akan dilakukan persiapan penanganan/ koreksi segera setelah lahir sebelum terjadi dampak buruk yang lebih serius. Demikian juga janin dengan cacat bawaan  lain yang insyaAllah dengan pelayanan fetomaternal akan dapat dideteksi secara dini semasa dalam kandungan

Kehamilan yang berpotensi untuk tejadi Keracunan Kehamilan (preeklamsia) dan Perdarahan Pasca Persalinan dapat dikenal secara dini dan dengan Pelayanan Fetomaternal yang baik akan dapat dicegah dan dikelola secara baik sehingga kematian ibu dan bayi dapat dihindari.

Saat diwawancarai, dokter Konsultan Fetomaternal yang juga Dosen di Fakultas Kedokteran Unusa Surabaya ini,mengatakan sebaiknya semua kehamilan mendapatkan Pelayanan Fetomaternal sehingga kasus-kasus kehamilan yang berpotensi bakal berdampak buruk pada ibu dan janin dapat dideteksi  dan dikelola dengan baik sehingga ibu dan janin tetap sehat sampai melahirkan. 

Dr. H. Moh. NasirSpOG (KonsultanFeto Maternal) berharap kepada masyarakat Banyuwangi dapat bersama-sama berperan aktif dan memberi perhatian serius kepada persoalan kehamilan khususnya yang berpotensi akan terjadi Keracunan Kehamilan dan Perdarahan Pasca Persalinan  sehingga kematian ibu dan janin dapat dihindari dan Kabupaten Banyuwangi dapat menekan AKI dan  AKB.