v2.0
|

Berita SKPD

Kurangi Fogging, Sumberrejo Cegah DBD Lewat Gertak PSN
19-02-2019 | Kecamatan Banyuwangi.

KELURAHAN SUMBERREJO - Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan salah satu penyakit menular yang masih menjadi malasah dalam pembangunan kesehatan masyarakat. Apalagi dengan adanya pengaruh pemanasan global akan semakin mempengaruhi iklim dan cuaca sehingga akan berakibat terjadinya penyebaran DBD dan kemungkinan semakin meningkat disetip tahunnya ketika masyarakat belum sadar akan pentingnya mewujudkan kebersihan lingkungan dan prilaku hidup sehat.

Sebagai upaya pengendalian perkembangan penyakit yang disebabkan oleh nyamuk Aedes Aegyptie, kemarin pada hari Jumat (15/02/2019) tepat pukul 07.00-08.00 WIB yang melalui Gerakan Serentak Pemberantasan Sarang Nyamuk (GERTAK PSN), Kelurahan Sumberrejo bersama Unsur-Unsur Lembaga Kemasyarakatan, Babinsa, Babinkamtibmas, Sekolah-Sekolah dan Pesantren yang dibantu oleh Ketua RT/RW dan Tokoh Masyarakat, bersama-sama melaksanakan upaya pencegahan demam berdarah melalui Gerakan Serentak Pemberantasan Sarang Nyamuk (GERTAK PSN).

Gerakan yang dilaksanakan dari mulai sekolah dan pesantren di wilayah Sumberrejo serta gerakan yang dilaksanakan pula dari rumah ke rumah warga tersebut berisi sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat sekaligus praktik langsung bagaimana cara pemberantasan sarang nyamuk dengan cara 3M Plus; (1) menguras bak ari/bak mandi (2) menutup penampungan air (3) mengubur barang-barang bekas, Plus; membubuhkan bubuk abate pada penampungan air, Plus; memakai obat anti nyamuk.

"Selama ini masyarakat selalu disuguhi informasi yang menyesatkan bagaimana upaya penanggulangan DBD dilakukan, dimana berita-berita pemberantasan DBD selalu menampilkan ilustrasi gambar dan video kegiatan fogging, padahal fogging tidak direkomendasikan, karena bisa menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan, utamanya pernapasan. Oleh karena itu melalui Surat Edaran dari Pemerintah Kecamatan Banyuwangi yang kami teruskan kebawah melalui Ketua RT/RW, Kepala Sekolah/Madrasah dan Pengasuh Pondok Pesantren agar lebih memilih bagaimana masyarakat lebih meningkatkan peran sertaa dalam upaya pencegahan DBD melalui 3M Plus" terang HASANAH, S.IP. Plt. Lurah Sumberrejo.

Selain itu pula imbuh beliau Plt. Lurah yang sekaligus merangkap jabatan sebagai Kasubag Umum dan Kepegawaian Kecamatan Banyuwangi mengatakan "Mengharap agar masyarakat tidak selalu menunggu perintah/edaran dari kelurahan dalam melaksanakan PSN"

Gerakan Serentak Pemberantasan Saran Nyamuk (GERTAK PSN) dilaksanakan secara serentak di seluruh Kabupaten Banyuwangi yang mana semua aparat dari mulai Lurah sampai dengan staf ikut memantau perkembangan dan pelaksanaan kegiatan dimaksud.

 

Tim Redaksi Kel. Sumberrejo