v2.0
|

Berita SKPD

KECAMATAN TEGALDLIMO MENGGELAR MUSRENBANGCAM TAHUN 2020
22-07-2019 | Kecamatan Tegaldlimo.

Pada hari ini Selasa tanggal 19 Pebruari 2019 Kecamatan Tegaldlimo menyelenggarakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Tahun 2020, dan Musyawarah ini merupakan agenda tahunan karena merupakan amanah Peraturan Perundang Undangan yang berlaku, Adapun maksud dan tujuan dilaksanakannya Musyawarah ini adalah masyarakat diajak langsung untuk merencanakan pembangunan di Tahun 2020.

Pada Jaman Orde Baru pembangunan dilaksanakan Top Down jadi opo jare Pemerintah dan di era Reformasi Masyarakat dilibatkan untuk ikut merencakan pembangunan dengan skala prioritas yang dibutuhkan masyarakat yang disebut Buttem Up

Setiap tahun Kecamatan mendapatkan pagu Indikatif yang sudah barang tentu usulan-usulan pembangunan yang dibiayai dari pagu indikatif Kecamatan akan terealisasi, selain dari pagu Indikatif peserta musyawarah bisa mengusulkan usulan-usulan yang dibiayai dari Renja SKPD, dimana yang jumllah dananya lebih besar dari pagu Indikatif.

Musyawarah perencanaan pembangunan ini dihadiri oleh, Tim Monitoring Musrenbangcam dari Kabupaten Banyuwangi, DPRD dapil III, Forum Pimpinan Kecamatan, Kepala Instansi se Kecamatan, Kepala Sekolah SLTA dan SLTP se Kecamatan, Kepala Desa se Kecamatan, Ketua TP PKK Kecamatan beserta jajaran pengurus PKK Kecamatan, Ketua TP PKK se Kecamatan, 5 orang Delegasi dari masing-masing Desa, Ketua Muslimat, Ketua Fatayat, Tokoh Agama , Ketua Aisyiah, Karang Taruna, Pendamping Desa dan PKH.

Camat Tegaldlimo Megawan Mashari, S.Sos dalam sambutannya mengatakan bahwa walaupun pagu Indikatif kita kecil dari 4,5 Milyard tahun kemarin dan pada tahun ini turun menjadi 3,4 milyard tetapi usulan-usulan Pembangunan yang akan Realisasi pada tahun 2019 ini sebesar 24 milyard lebih sedangkan pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang kita setor hanya 1 milyard lebih sedikit.

Dari Dana sebesar 3,4 Milyard tersebut 25% nya adalah merupakan kewenangan Kecamatan untuk penempatannya, yaitu untuk pembangun sarana prasarana yang sifatnya sangat prioritas dan belum menjadi usulan Pemerintah Desa dan sisanya dibagi 5 bidang yaitu bidang Pendidikan, Kesehatan, Infrastruktur,  Pertanian dan Pelayanan Publik.

Sedangkan Sdr. BISRI, SH Sekretaris Kecamatan selaku ketua penyelenggara Musrenbangcam Tegaldlimo menyampaikan bahwa  sebelum Pelaksanaan Musrenbangcam ini terlebih dahulu dilaksanakan Musrenbangdes di desa se Kecamatan Tegaldlimo yang dilaksanakan mulai tanggal 20 s/d 31 Januari 2019 dan pada tanggal 16 Pebruari 2019 telah dilaksanakan Pramusrenbangcam dengan harapan pelaksanaan Musrenbangcam ini dapat berjalan dengan lancar, cepat dan hasilnya akurat .

Ketua Penyelenggara juga bekerja sama dengan Puskesmas Tegaldlimo untuk mengadakan pemeriksaan Tekanan Darah dan Kadar Gula darah bagi peserta Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kecamatan Tegaldlimo dan yang terakhir Sdr. Ketua menyampaikan banyak-banyak terima kasih atas kerjasamanya teman-teman kecamatan yang turut mendukung suksesnya acara ini.