v2.0
|

Berita SKPD

Giat Pelatihan Fasilitator STBM Kel. Sumberrejo
22-03-2019 | Kecamatan Banyuwangi.

Berbicara tentang STBM tentunya bukan hal baru dalam dunia kesehatan lingkungan karena sejak diluncurkanpada tahun 2008 lalu, STBM ditetapkan menjadi program nasional. Seiring dengan berjalannya waktu, STBM merupakan salah satu program yang mendukung Nawa Cita menuju Universal Access Air Minum Sanitasi yaitu pembangunan dan penyediaan air minum, sanitasi yang diarahkan untuk mewujudkan terpenuhinya kebutuhan dasar masyarakat.

Deklarasi membutuhkan proses yang dimulai dengan pemicuan kemudian dilanjutkan dengan monitoring secara berkala. Bila hasil monitoring sudah menunjukan ada perubahan perilaku yang permanen maka proses verifikasi dapat dilakukan dengan melibatkan semua lapisan warga masyarkat dan pihak-pihak terkait. Di awal tahun 2019, tercatat ada 18 kelurahan yang deklarasikan kelurahannya menjadi kelurahan STBM melalui Deklarasi ODF yang dilaksanakan serentak.

Warga Sumberrejo sangat memberikan apresiasi kepada pemerintah Kelurahan Sumberrejo khususnya kepada Lurah dan jajarannya yang berkesempatan hadir dalam acara deklarasi sebagai bentuk dukungan pemerintah terhadap Gerakan Pelatihan Fasilitator Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) pembangunan sanitasi di lingkungan-lingkungan yang ada di Kelurahan Sumberrejo dan juga kepada ketua TP PKK Kelurahan Sumberrejo, Pemerintah Kelurahan Sumberrejo dan Puskesmas Sobo yang sudah mendukung deklarasi STBM di Kelurahan Sumberrejo. Hal ini terlihat dalam penerimaan masyarakat dalam acara deklarasi.

Dalam agenda kegiatan ini, diadakan senam bersama warga masyarakat yang dipandu oleh instruktur berpengalaman dibidangnya, selain itu pula diadakan penyuluhan dan penjelasan mengenai pentingnya gerakan Giat Pelatihan Fasilitator STBM di Kelurahan Sumberrejo.

Berakhirnya rangkaian acara deklarasi bukan berarti berakhirnya perubahan perilaku higiene dan sanitasi tetapi merupakan awal baru bagi masyarakat untuk terus mempertahankan dan meningkatkan kualitas hidup bersih dan higienis secara terus menerus dan menjadi perilaku yang melekat dalam diri masyarakat kemudian ditiru oleh generasi-generasi penerus.

Penulis by : Imam Wahyudi (Staf Kelurahan Sumberrejo)// Video Kreator dan Editor : Rief_Production (Staf Kelurahan Sumberrejo)// Vlogger: IMAM_YD YouTube Channel