v2.0
|

Berita SKPD

Layanan Ruang Operasi (Instalasi Bedah Sentral) RSUD Blambangan Banyuwangi
17-07-2019 | Rumah Sakit Umum Daerah Blambangan.

BANYUWANGI- RSUD Blambangan merupakan salah satu Rumah Sakit Umum milik Pemerintah Daerah Kabupaten Banyuwangi yang memberikan fasilitas kesehatan kepada masyarakat. Selain menyediakan poli klinik yang siap untuk membantu pasien dalam memeriksakan kesehatannya, RSUD Blambangan juga menyediakan Instalasi khusus untuk menangani tindakan operasi bagi pasien yang membutuhkan.

IBS atau Instalasi Bedah Sentral merupakan Instalasi yang dirancang khusus dan telah memenuhi syarat untuk melakukan tindakan pembedahan yang elektif, urgent, Cito/emergency. Menurut kepala ruangan IBS, M. Kethut Sudiana, S.Kep.Ns, terdapat 8 kamar operasi secara keseluruhan, dan 6 diantaranya sudah aktif digunakan untuk tindakan operasi. Layanan operasi yang dilakukan juga sudah tergolong lengkap, Instalasi Bedah Sentral RSUD Blambangan memiliki setidaknya 9 layanan operasi yang siap digunakan untuk membantu tpasien yang membutuhkan. Layanan tersebut diantaranya adalah layanan operasi Bedah Syaraf, Bedah Tulang (Ortopedi), Bedah Umum, Kandungan (Obgyn), Gigi dan Mulut, THT, Mata, Urologi, dan Paru-paru. Menurut wawancara yang telah dilakukan terdapat beberapa layanan operasi unggulan yang terdapat pada IBS, diantaranya ada layanan operasi untuk bedah syaraf, urologi, dan bedah tulang.

Setiap harinya setidaknya ada kurang lebih 15 tindakan operasi  yang bisa ditangani oleh IBS setiap harinya, dengan jumlah total rata-rata 230-250 tindakan perbulannya. Diakui oleh kepala ruangan IBS bahwa sampai saat ini belum ada kendala-kendala yang sampai mengganggu tindakan di ruangan. Selain ruangan-ruangan bedah, di dalam Instalasi Bedah Sentral juga menyediakan Recovery Room (RR) atau Ruang Pulih Sadar yang berkapasitas 6 tempat tidur untuk menunjang persiapan operasi dan pemulihan sesudah operasi.

Pelaksanaan setiap tindakan operasi berdasarkan standar prosedur yang berlaku, yang mengedepankan  penerapan Universal Precaution, sterilitas serta selalu mengutamakan keselamatan pasien. Falsafah tersebut senantiasa dilakukan oleh seluruh petugas demi memberikan pelayanan kamar operasi yang terbaik kepada pasien dan keluarga. (*)